Program Pendidikan Homeschooling Menarik Minat Orang Tua Homeschooling di Pekayon Bekasi

Program Pendidikan Homeschooling Menarik Minat Orang Tua Homeschooling di Pekayon Bekasi

Homeschooling di Pekayon Bekasi, Program Pendidikan Homeschooling Menarik Minat Orang Tua Proses Homeschooling yang bermakna sekolah rumah, telah di terapkan hampir oleh semua keluarga, namun istilah ini kemungkinan jarang anda dengar. Tidakkah tiap-tiap anak meraih pendidikan dirumahnya? Bagaimana si ibu mulai mengajari anak berhitung, bicara, serta membaca? Memang, disitulah proses Homeschooling diawali. Cuma saja, proses pendidikan orangtua di dalam rumah itu biasanya tidak berjalan lama. Ketika anak memasuki umur sekolah dasar, orangtua paling banyak mempercayakan sistem sekolah umum buat perkembangan pendidikan anaknya.

Homeschooling Terpercaya di Pekayon Bekasi

Maka pendidikan bukan sebuah hal yang baru. Saat sebelum ada sistem pendidikan kekinian (sekolah) seperti yang diketahui pada sekarang ini, pendidikan dilaksanakan dengan berbasiskan rumah, sistem magang ialah jenis pendidikan yang begitu diketahui oleh warga. Begitu juga dengan belajar otodidak yang hingga saat ini masih dikerjakan. Serta banyak bangsawan zaman dulu umumnya mengundang guru-guru private buat mengajar anak-anaknya. Itu jejak-jejak homeschooling pada masa dulu.

Mulai sejak perkembangan revolusi industri, berlangsung proses sistematisasi pendidikan dan proses belajar. Perkembangan filsafat dan ilmu pengetahuan dan usaha buat mengoptimalkan proses pembelajaran selama berabad-abad menghasilkan suatu evolusi sistem pendidikan yang kita kenal menjadi sekolah menjadi lembaga kekinian, sekolah ialah solusi untuk menangani keterbatasan kelurga dalam mendidik anaknya dengan cara sadar dan terencana walau sekolah sebagai lembaga pendidikan yang terbukti memberi kegunaan untuk kemanusiaan, bagaimana juga proses pencarian pendidikan yang terbaik tidak sempat stop.

Beragam filsafat dan pemikiran senantiasa lahir, dan berinteraksi dengan kondisi sosial yang di alami oleh warga. Memang, telah lama bangsa kita mengenali konsep Homeschooling ini, serta jauh saat sebelum sistem pendidikan barat tiba. Lihat saja di pesantren-pesantren diprediksikan mulai ada pada abad ke 15 saat pertama-tama dikembangkan oleh Raden Rahmad alias Sunan Ampel, selanjutnya ada pesantren Giri oleh Sunan Giri, pesantren Demak oleh Raden Fatah, dan pesantren Tuban oleh Sunan Bonang. Tidak hanya pesantren ada juga pola seperti taman siswa yang dibangun pada tahun 1922. Juga sekolah yang dibangun oleh Muhammad Syafi’i di kayutaman.

Sekolah ini mempunyai semboyan “cari sendiri dan lakukanlah sendiri”. Siswa di beri ketrampilan buat membuat sendiri meja dan bangku yang difungsikan buat mereka belajar. Sayangnya, pemerintah Kolonial Belanda merusak sekolah itu.

Begitu juga banyak pendekar, bangsawan atau seniman tempo dulu yang mendidik dengan cara pribadi di dalam rumah atau pedepokan masing-masing dari pada sebatas mengandalkan pada orang lain. Tokoh-tokoh besar layaknya KH. Agus Salim, Ki Hajar Dewantara, atau Buya Hamka, pun meningkatkan cara belajar dengan sistem persekolahan di dalam rumah, bukan hanya supaya lulus ujian selanjutnya meraih ijazah, tetapi biar lebih mencintai dan meningkatkan ilmu tersebut.

Persekolahan di dalam rumah ini makin jadi perhatian dalam 2 tahun paling akhir ini, di antaranya sejak mulai begitu banyaknya orangtua merasai jika suasana pembelajaran dibanyak sekolah kerap kurang mengutamakan kebutuhan terbaik buat anak. Pada akhirnya banyak anak yang stress dan kehilangan kreativitas alamiah nya.

Homeschooling di Pekayon Bekasi, Program Pendidikan Homeschooling Menarik Minat Orang Tua

Lihat deskripsi di atas, mulai berkembang beragam gagasan dari banyak pendidik, bagaimana cara untuk membuat sekolah yang membahagiakan sekaligus juga mencerdaskan anak. Kemudian menimbulkan beragam jenis sekolah alternatif satu diantara homeschooling alias persekolahan di dalam rumah. Dengan cara etimologis, Homeschooling ini yaitu sekolah yang diselenggarakan di dalam rumah, akan tetapi dengan cara hakiki dia yaitu suatu sekolah alternatif yang tempatkan anak jadi subyek (kurikulum dan sekolah ialah buat anak) dengan pendekatan pendidikan dengan cara at home. Dengan pendekatan ini anak berasa nyaman. Mereka dapat belajar sesuai kemauan dan gaya belajar masing-masing, sewaktu-waktu dan dimanapun, seperti dia sedang ada di tempat tinggalnya sendiri.

Pada saat ini sistem persekolahan di dalam rumah pun dapat ditingkatkan buat memberikan dukungan program pendidikan kesetaraan. Terlebih pada anak yang memiliki masalah, layaknya buruh anak, anak jalanan, anak suku terasing, hingga anak yang punya kelebihan layaknya olahragawan atau artis cilik yang padat dengan kegiatan mereka.

Homeschooling ini diketahui juga dengan nama lain sekolah rumah atau home-education. Pada intinya homeschooling ini yaitu sistem pendidikan atau pembelajaran alternatif tidak hanya sekolah. Metode belajar mengajar pada homeschooling ini membahagiakan disebabkan dilaksanakan di dalam rumah.

Akan tetapi sebetulnya homeschooling bukan cuma terbatas dilaksanakan dengan cara selalu menerus di dalam rumah, akan tetapi keadaan belajar kondusif yang bisa dilaksanakan dimanapun, kapan saja, dan anak bebas untuk menentukan pelajaran yang disenanginya jadi berasa nyaman layaknya di dalam rumah.

Homeschooling di Pekayon Bekasi, Program Pendidikan Homeschooling Menarik Minat Orang Tua

Homeschooling ini yaitu proses layanan pendidikan yang dengan cara sadar, teratur dan terarah dilaksanakan oleh keluarga atau orang tua di dalam rumah atau tempat-tempat lain di mana proses belajar mengajar bisa berjalan dalam situasi yang aman dengan tujuan biar tiap-tiap potensi anak yang unik bisa berkembang dengan cara optimal.

Bila suatu keluarga sudah memilih homeschooling buat pendidikan anak-anak mereka, maka orangtua bertanggungjawab dengan cara penuh pada proses pendidikan itu. Sistem pendidikan alternatif ini dapat dilaksanakan kapan saja, dimanapun dan oleh siapapun (pihak lain tidak hanya orangtua bisa dari bermacam golongan usia dan latar belakang bisa di jadikan pengajar atau guru). Hal ini akan membuat proses belajar mengajar menjadi menarik dan senantiasa segar.

Homeschooling

Dalam Pendidikan Nasional | Homeschooling di Pekayon Bekasi, Program Pendidikan Homeschooling Menarik Minat Orang Tua

Departemen Pendidikan Nasional menyebutkan sekolah-rumah dalam artian pendidikan homeschooling. Jalur sekolah-rumah ini di kategorikan jadi jalur pendidikan informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan (Pasal 1 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional – Sisidiknas No. 20/2003). Kegiatan pendidikan informal yang dikerjakan oleh keluarga dan lingkungan berupa aktivitas belajar dengan cara mandiri. Kendati pemerintah tidak mengatur standard isi dan proses pelayanan pendidikan informal, tapi hasil pendidikan informal di akui sama juga dengan pendidikan formal (sekolah umum) dan nonformal sesudah peserta didik lulus ujian sesuai dengan standard nasional pendidikan (pasal 27 ayat 2).

Dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 berkaitan Sisdiknas, pendidikan ialah usaha sadar dan terencana buat mewujudkan suasana kursus dan proses pembelajaran biar peserta didik secara aktif meningkatkan potensi dirinya buat mempunyai kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia dan ketrampilan yang dipakai dirinya, warga, bangsa dan negara. Juga di terangkan sistem pendidikan nasional ialah keseluruhnya komponen pendidikan yang sama-sama tentang dengan cara terpadu buat menjangkau tujuan pendidikan nasional (pasal 1).

Belajar ialah keperluan, bukan cuma buat sang anak, tetapi juga buat bangsa. Tetapi beberapa anak punya kekurangan tertentu untuk bersekolah di sekolah konvensional. Einstein kecil, contohnya, yaitu seorang anak dengan kekurangan tertentu. Jadi dia di keluarkan dari sekolah. Supaya momen di DO-nya Eintein tidak terulang lagi, maka sekarang ini mulai berkembang pemikiran berkaitan sekolah alternatif. Salah-satunya ialah Home Schooling alias sekolah rumah. Sebagian contoh dari kalangan selebriti layaknya Neno Warisman, Kak Seto dan Nia Ramadhani memilih alternatif ini.

Banyak kalangan yang memiliki pendapat bahwa metode Homeschooling ini dapat menghambat potensi sosial anak. Sebab anak di asumsikan akan kurang bergaul, kurang belajar bersosialisasi, kurang belajar menerima opini orang lain, atau kemahiran bekerja-sama. Anggapan itu jelas salah. Dikarnakan anak Home School malah dengan cara khusus dibuat untuk belajar dan mempraktikkan bagaimana bermasyarakat dengan cara baik dan betul. School Home ini yaitu aktivitas belajar di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. Tetapi praktisi homeschooling Harmonis, bagian paling sulit dari proses homeschooling ini ialah pelibatan orang tua. Walau sebenarnya orang tua lah yang lebih memilih keberhasilan homeschooling yang sebetulnya.

Pendidikan, terlebih peletakan dan pembangunan tata-nilai, pada dasar nya berpusat di dalam rumah. Sebab itu, Home School Harmonis dengan cara berkala mengundang para orang tua sebagai mitra pengajar. Umumnya perjumpaan berlangsung hari Minggu. Ada anak yang bercita-cita mau jadi psikolog, contohnya, maka ia berasa tak perlu untuk pelatihan fisika dan kimia. Permasalahannya, target kurikulum ini tidak bisa diacuhkan begitu saja. Maka homeschooling ini menyiasati dengan model pembelajaran interaktif.

Saat belajar membuat tempe goreng, contohnya, siswa belajar jika kandungan air dalam adonan pembungkus tempe jadi kering dan habis sama-sekali pada suhu sekian; zat apa yang menjadikan gorengan jadi kering, dan sebagainya. Hingga peserta homeshooling pada akhirnya dapat mengikuti ujian kesetaraan, dan punya ijazah. Itu di akui pemerintah. Contoh lain waktu anak belajar menanam. Orang tua dapat mengajarkan anak mulai sejak bangun tidur dan kapan juga anak ingin belajar. Hingga belajar bukan lagi merupakan kewajiban tetapi telah jadi keperluan anak. Mereka memperoleh modul dan modul pembelajaran buat orangtua. Maka dalam hal tersebut orangtua terjun langsung.

Bila orang tua kekurangan info akademis, mereka dapat panggil tutor. Alokasi waktu dapat lebih banyak, dan belajar begitu membahagiakan untuk mereka lantaran sebenarnya dilandasi oleh keperluan. Tetapi seandainya ke dua orang-tua kerja maka paling baik ke School Home komunitas. Sifatnya panduan. Dalam hal tersebut mereka harus ada di kegiatan komunitas.

Pendidikan bukan cuma masalah meningkatkan ilmu, pengetahuan di segala bidang, tetapi ada hal yang perlu juga layaknya interaksi dengan teman-teman yang lain. Sosialisasi beberapa anak homeshooling sangat terjaga. Kita ajak mereka ke pasar. Kita kenalkan juga pada beberapa anak pasar. Kemudian kita bawa juga mereka ke alam yang terbuka dan ke rumah singgah. Yang lebih penting ialah kita memberi kemandirian, adalah dalam belajar dan mengambil keputusan. Kita pun memberi wawasan berkenaan kewira usahaan. Maka mulai sejak dini mereka telah di latih bagaimana dapat berguna buat orang lain.

Homeschooling di Pekayon Bekasi, Program Pendidikan Homeschooling Menarik Minat Orang Tua

Di Indonesia ada homeschooling paket A sama dengan SD (Sekolah Dasar), paket B sama dengan SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan paket C sama dengan SMA (Sekolah Menengah Atas). Homeschooling ini memberi masing-masing peserta didik kebebasan buat menentukan pelajaran, namun tidak lepas dari kurikulum. Lantaran di ujung sana ada ujian kesetaraan. Seorang remaja yang berasa tidak nyaman di kelas 2 sekolah formal, contohnya, bisa pindah ke kelas 3 di homeshooling. Dikarnakan homeshooling ini ialah multiexit dan multientri. Gampang masuk dan gampang keluar. Legalitasnya sendiri pun telah di jamin oleh pemerintah.

Apabila kita artikan dari bahasa, Home Schooling bersasal dari bahasa Inggris dan terbagi dalam 2 kata ialah kata Home yang punya makna Rumah dan School yang bermakna Sekolah. Maka Home Schooling ini bisa di artikan jadi Sekolah Rumah.

Sementara dari Homeschooling atau Sekolah Rumah yaitu metode pendidikan alternatif yang dilaksanakan di dalam rumah, dibawah pembimbingan orang tua atau panduan pendamping, dan tidak dilakukan ditempat formal yang lain layaknya di sekolah swasta, sekolah negeri, atau di institusi pendidikan yang lain dengan model kesibukan belajar terstruktur dan kolektif.

Home Schooling ialah sekolah yang dilakukan di dalam rumah dibawah bimbingan dari tutor ataupun orangtua. Hal penting yang memicu pendidikan dirumah ialah keperluan sang Anak. Ya ketidakpuasan orangtua pada sistem pendidikan yang berada di Negeri tercinta ini jadi diantara faktor besar yang melandasai HS ini.

Home Schooling ini bisa disimpulkan menjadi model pendidikan berbasiskan rumah, dengan orangtua jadi penanggung jawab aktif. Dan fokus pada peningkatan dan kebutuhan anaknya. Maka dalam hal inilah semua pendidikan yang diajarkan dalam home schooling baik model, metodenya paling fokus untuk kebutuhan anaknya seorang.

Maka Home Schooling sejauh ini bukan instansi, tetapi orang tua sendiri yang menekuni HS. Untuk membuat lancar HS yang diadakan orangtua, layaknya soal-soal, materi dan hal yang lain. Orangtua bisa kerja sama juga dengan komunitas HS yang lain. Maka saran nya bersatulah dengan komunitas HS supaya bisa memudahkan dalam peningkatan belajar anaknya. Anda bisa cari informai terkait HS dikomunitas yang berada di seputar anda, bila masih bingung coba hubungi atau mencari komunitas home Schooling memlalui internet.

Tujuan Home Schooling diprioritaskan pada perkembangan anak, buat bisa meningkatkan talenta dan potensi anak tersebut. Bahwa sejatinya orangtua telah mempunyai kemampuan buat mendidik anak mulai sejak anak itu dari bayi, layaknya mengajarinya berbicara, berjalan dan hal yang lain. Home Schooling yaitu kepanjangan dari pendidikan yang telah dilakukan mulai sejak kecil. Bahwa orangtua dapat untuk mendidik anaknya sesuai dengan talenta danpotensi nya.

Sesudah kita mengetahui sedikit pemahaman dari Home Schooling, saat ini kita akan coba untuk cari tahu apa yang memperbedakan home schooling dengan sekolah formal ?

Namun, saat sebelum masuk ke ketidaksamaan antara Sekolah Formal dengan Home Schooling, maka akan paling baik bagi kita buat mengerti terlebih dulu persamaan dari keduanya.

  1. Home Schooling (informal) dan Sekolah Fomral yaitu ke dua instansi yang diakui oleh pemerintah, hal tersebut telah tercatat pada UU No. 20 Tahun 2003 berkenaan Sistem Pendidikan nasional Pasal 27.
  2. Home Schooling dan Sekolah Fomral pun keduanya sama akan mengikuti Ujian Nasional.

Homeschooling di Pekayon Bekasi, Program Pendidikan Homeschooling Menarik Minat Orang Tua

Sedangkan, ketidaksamaan antara sekolah formal dan home schooling yaitu sebagai berikut:

1. Tempat belajar sekolah formal layaknya biasa yang kita lihat adalah di lingkungan sekolah, Sedangkan home schooling tempatnya ada di dalam rumah atau sesuai dengan persetujuan yang di pilih.

2. Sekolah resmi layaknya telah kita tahu, mempunyai aturan-aturan yang telah jelas layaknya masuk 5 atau 6 hari dalam satu minggu. Sedangkan Home Schooling lebih fleksibel yakni sesuai persetujuan.

3. Sekolah Formal menyerahkan pendidikan pada instansi sekolah, sementara home schooling tanggung jawab sepenuhnya da pada orang tua.

4. Di sekolah formal tiap-tiap siswa hampir di berlakukan sama, sementara pada home schooling tiap-tiap perlakukan disesuaikan dengan sang anak.

Ada satu pertanyaan lagi yang kerap ada berkenaan Home Schooling ialah, apakah Home Schooling juga memperoleh Ijazah dan bagaimana cara untuk menadpatkan ijazah itu, apa sama juga dengan sekolah-sekolah formal?

Seperti telah di terangkan di atas bahwa Home Schooling ini ialah alternatif dari sekolah formal, maka Ijazah yang di perolah tidak sama juga dengan Ijazah yang dipunyai oleh siswa di Sekolah Formal. Tetapi tenang lantaran buat peserta Home Schooling pun masih bisa meraih Ijazah, ada 3 cara yang dapat dijalankan untuk mendapatkan Ijazah bagi peserta Home Schooling yakni sebagai berikut :

1. Lewat PKBM

Yaitu singkatan dari Program Kelompok Belajar Mandiri yang di kelola oleh Mandiri atau Swasta. PKBM ini umumnya di peruntukan buat beberapa anak yang mengalami putus sekolah yang mau mengejar pendidikan sekolah formal dijenjang pendidikan SD, SMP atau SMA. Lantaran saat ini Home Schooling telah menjamur di Indonesia PKBM pun telah terima siswa HS untuk mengikuti ujian Paket dan mendapat Ijazah Paket A, B, atau C.

2. Lewat Sekolah Payung (Umbrella School)

Ini yaitu sekolah formal yang siap mewadahi anak-anak HS buat mengikuti Ujian Nasional di sekolahnya. Dengan catatan, anak HS ini siap untuk mengikuti ketentuan yang di tetapkan sekolah itu.

3. Lewat Jalur non Diknas

Layaknya Cambridge, SAT, dan lain-lain. Ada sebagian instansi yang menyediakan program ujian Cambridge. Cuma saja program ini tidak sama seperti UN dan UNPK yang mengatakan kelulusan. Ujian ini cuma berupa assessment.

Yuks ikut Program Homeschooling Erraedu

Homeschooling

Sebagai bentuk dari sistem pendidikan informal, kunci utama penyelenggaraan homeschooling Erraedu ialah terdapatnya kelenturan fleksibilitas. Maka tidak bisa kaku dan terlalu berstruktur sebagaimana sekolah formal. Jika terlalu di susun dalam kurikulum yang baku maka homeschooling malah akan kehilangan makna utamanya.

Erraedu percaya bahwa ketika potensi dan minat anak-anak di observasi dan di arahkan sedini mungkin, maka mereka akan mendapat pencapaian yang terbaik sesuai dengan potensi dan minat mereka di masa depan. Kita menganabisa logikannya dengan 2 anak yang mempunyai minat, potensi dan keterampilan yang sama tetapi mendapat porsi latihan yang berbeda. Maka yang terjadi ialah siswa yang meraih pelatihan dari kecil akan mendapatkan prestasi yang lebih hebat ketimbang dengan siswa yang baru memperoleh pelatihan di umur remaja.

Homeschooling

Homeschooling di Pekayon Bekasi, Program Pendidikan Homeschooling Menarik Minat Orang Tua

Tentang Kami

Visi Misi dan Tujuan Erraedu

Visi

Terwujudnya generasi bangsa yang berkarakter sesuai potensi kemanusiaan.

Misi

  • Mewujudkan generasi muda Indonesia yang menyadari bahwa mereka mempunyai keunikan dan keunggulan didalam potensi mereka masing-masing.
  • Mewujudkan generasi muda Indonesia yang punya karakter kuat.
  • Mewujudkan generasi muda Indonesia yang berbudi pekerti luhur dan berjiwa leadership, entrepreneurship dan religious.

Tujuan

  • Menghasilkan lulusan yang berkualitas tinngi, beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, mempunyai jiwa entrepreneur,mempunyai wawasan luas, mempunyai disiplin dan etos kerja dan mampu bersaing di tingkat internasional.
  • Meningkatkan ilmu pengetahuan, tehnologi, seni dan budaya untuk mendorong pembangunan bangsa.
  • Menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi sesuai dengan potensi mereka masing-masing.

Menentukan untuk menempuh pendidikan homeschooling sebenarnya susah-susah gampang. Apabila menempuh pendidikan homeschooling, semua nya memang berkesan lebih gampang.

Anak tidak perlu repot bangun pagi dan buru-buru pergi ke sekolah. Orang tua pun tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk membeli seragam dan transportasi anak.

Disamping itu, jam belajar anak pun sangatlah fleksibel dan dapat di atur sesuai dengan keperluan masing-masing. Terdengar sangat menyenangkan?

Akan tetapi, tunggu dulu. Buat orang tua yang mendaftarkan anak nya ke homeschooling, hal ini dapat berubah jadi pedang bermata 2 apabila tidak berhati-hati. Salah-salah, pendidikan anak bisa jadi terbengkalai disebabkan minimnya komitmen kedua belah pihak.

Untuk menyiasati hal ini, berbagai lembaga homeschooling yang menyediakan jasa kurikulum dan guru tambahan pun bermunculan bak jamur di musim hujan. Biar tidak bingung, kumparan menyediakan sederet daftar homeschooling terbaik di Jabotabek yang dapat kamu jadikan pilihan!

Program homeschooling erraedu di tujukan untuk jenjang pendidikan dari mulai SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama) hingga dengan SMA (Sekolah Menengah Atas).

Program kurikulum Homeschooling Erraedu memakai kurikulum nasional. Disamping itu siswa dan siswi pun meraih materi akademis dan juga meraih pendampingan tumbuh kembang Anak.

Itulah sedikit bahasan berkaitan Home Schooling, mudah-mudahan bisa meningkatkan wawasan kita berkenaan Home Schooling. Jika anda sedang mencari Home Schooling yang Profesional, Terpercaya dan Berpengalaman. Jangan ragu untuk segera menghubungi kami via Whatsapp di 0812 9449 6174

Atau Klik Banner Dibawah

Open chat
Halo, mohon info biaya homeschooling